Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Tugas Pokok dan Fungsi

  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya
  • Meningkatkan integrasi yang terpadu antara antara kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
  • Bekerjasama dengan pemerintah dan badan mitra baik dalam maupun luar negeri dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Melaksanakan penerbitan jurnal, buku, dan publikasi karya ilmiah
  • Bertanggungjawab kepada rektor melalui wakil rektor yang membidangi

Kebijakan dan sistem pengelolaan penelitian di UKI Toraja ditangani oleh LembagaPenelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) sesuai dengan Statuta dan Renstra UKI Toraja. LP2M adalah unsur pelaksana akademik di bawah Rektor yang melaksanakan tugas dan fungsi UKI Toraja di bidangpenelitian dan pengabdian kepada masyarakat. LP2M dipimpin oleh Ketua yang bertanggung jawab kepada Rektor dan dalam melaksanakan tugas dibantu seorang Sekretaris dan 5 Kepala pusat.
SejalandenganvisidanmisiUKI Toraja,Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UKI Toraja memiliki visi, misi, dan tujuansebagai berikut:
Visi menjadi pusat kajian dan pengembangan ipteksbud terkemuka dan bermanfaat berbasis pelayanan. SedangMisinyaadalahmenyelenggarakanpenelitiandan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangansumber daya manusia dan ipteksbud.
Tujuan dibentuknya LP2M adalah untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang berkontribusi dalam pemecahanpermasalahanpembangunanbangsamelaluikegiatanpenelitiandan pengabdian kepada masyarakat. Pedoman pengelolaan penelitian mengacukepada dokumen tentang panduan penelitian Unggulan UKI Toraja, Rencana Induk Penelitian (RIP) UKI Toraja dan panduan Edisi IX Ditlitabmas Dikti.
Pengelolaan penelitian di UKIToraja dilaksanakanberdasarkanpedoman pengelolaan berupa: (1) RIP, (2) Panduan Penelitiandan Pengabdian Internal, (3) Panduan Penelitian Dosen UKI Toraja, (4) EtikaPenelitian untuk mengatasi plagiarism dan SOP penelitian. Pengelolaanpenelitian dibangun dalam Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian mulai dari tawaran proposal, seleksi, monitoringdan pelaporan.
Pengarahan dan fokus agenda penelitian di UKI Toraja mengacu pada Sistem Penjaminan Mutu Penelitian di Perguruan Tinggi (SPMPPT) Dikti.Dalam pengelolaan penelitian di UKI Toraja menerapkan sistem manajemen mutupenelitian meliputi prosedur mutu penelitian internal.
Arah kebijakan penelitian UKI Toraja tercermin dalam Rencana Induk Penelitian (RIP) UKI Toraja. Berdasarkan RIP tersebut peran UKI Toraja melalui penelitian adalahuntuk:“membangunkarakterbangsadengankonservasi dan inovasi”. Berdasarkan sumberdaya yang dimiliki universitas, isu-isu strategis, dan pemecahan masalah yang ditawarkan dapat dirumuskan menjadi empat bidang penelitian, yaitu:
1)    Inovasi untuk pendidikan karakter berkualitas, adalah upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan kurikulum, model-model pembelajaran, media, bahan ajar yang inovatif, bermuatan pendidikan karakter dan berbasis konservasi, serta kajian kebijakan di bidang pendidikan untuk semua jenjang pendidikan,
2)    Sains dan teknologi hijau, adalah pengembangan ilmu dan penerapannyaberbasis sumberdaya lokal dengan proses ramah lingkungan,
3)    Sumberdayadanpeningkatankualitashidup,adalahkajianpengembangan sumberdaya manusia, ekonomi, kesehatan dan olahraga,kependudukan dan lingkungan hidup dalam upaya peningkatan kualitashidup,
4)    Seni budaya lokal dan sosial humaniora, adalah kajian pelestarian dan pengembangan seni budaya tradisional luhur yang ada di Sulawesi Selatankhususnya masalah-masalah sosial.
Dari empat bidang Riset Unggulan dapat dikembangkan tema-tema penelitian unggulan yang akan diimplementasikan lebih lanjut oleh LP2M dalam Panduan Penelitian yang dikelola setiap tahun. Hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola LP2M juga mendukung tugas dan peran UKI Toraja dalam meningkatkan kualitas pendidikan Nasional dan pembangunan karakter bangsa. Untuk mencapai indikator sasaran yang harus dicapai pada tahun 2014, dikembangkan strategi sesuai roadmap tiga bidang yaitu bidang penelitian unggulan UKI Toraja, bidang pengembangan sumberdaya manusia dan peningkatan atmosfer ilmiah, dan bidangpeningkatankualitasmanajemenpenelitiandansumberdaya pendukung.

Strategi Pengembangan Penelitian Unggulan Universitas.
Penelitian unggulan diangkat dari isu-isu nasional dan lokal khususnyaSulawesi Selatan dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki danhasil-hasil penelitian yang telah dilakukan. Peneliti UKI Toraja yang utama adalahstaf akademik yang tersebar di lima fakultas dan sepuluh program studi.Karena itu bidang-bidang penelitianunggulan dan tema-tema yang dikembangkan memperhatikan potensi yangada di setiap unit. Prioritas tema setiap periode dapat disesuaikan denganmempertimbangkan perkembangan ilmu dan teknologi serta permasalahanyang mendesak untuk dipecahkan, serta hasil-hasil penelitian yang unggul.
Skim penelitian unggulan universitas dikompetisikan untuk kelompok penelitimultidisiplin. Skim penelitian lain yang perlu dikembangkan adalah penelitiankerjasama dengan institusi di luar negeri untuk medukung internasionalisasi.Tema penelitian unggulan ditetapkan agar hasil-hasil penelitian secarakomprehensif dapat memberikan luaran yang memiliki nilai kebaruan,kekhasan UKIToraja yang berkualitas. Kualitas hasilpenelitian ditunjukkan oleh luaran penelitiannya.

Strategi Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Peningkatan AtmosferIlmiah
Kemampuan meneliti dosen ditingkatkan secara bertahap denganpelatihan penulisan proposal dan penyediaan skim penelitian yang bersifatpembinaan di LP2M maupun di fakultas masing-masing. Sistem kompetisiyang terbuka akan mendorong peneliti untuk meningkatkan kemampuanmeneliti secara berkelanjutan.
Fasilitasi dalam publikasi dan pematenan luaran hasil penelitian dalambentuk penerbitan jurnal, pelatihan penulisan artikel ilmiah di jurnal bereputasi,penulisan monograf/buku referensi, dan penyiapan dokumen paten menjadisalah satu strategi dalam peningkatan mutu luaran penelitian.Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dan pemanfaatan hasilpenelitian sebagai bahan ajar akan meningkatkan atmosfer ilmiah yangmendukung. Mendatangkan ahli dalam forum ilmiah dapat menjadi inspirasidan motivasi, disamping meningkatkan wawasan peneliti.

Strategi Peningkatan Kualitas Manajemen Penelitian dan SumberdayaPendukung.
Peningkatan kualitas manajemen penelitian terus dilakukan dengan beberapastrategi yaitu: (1) Membangun sistem informasi penelitian, (2) Meningkatkankualitas internal reviewer dengan pelatihan, (3) Sistem monitoring yang efektif,(4) Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama, (5) Revitalisasi pusat-pusat penelitian.

Pedoman Usul Dan Pelaksanaan Penelitian di UKI Toraja
LP2M telah menerbitkan Panduan Penelitian dan Pengabdian kepadaMasyarakat untuk dana internal dan panduan penelitian unggulan UKI Torajadalam rangka desentralisasi penelitian di Perguruan Tinggi dan MenyusunRencana Induk Penelitian (RIP) serta Rencana Strategis (Renstra) LP2M.Pendanaan penelitianpenelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UKI Toraja berasal dari APB UKI Toraja/YPTKM dan DIPADitlitabmas.

Agenda Tahunan Penelitian UKI Toraja

Agenda tahunan penelitian yang dilakukan di lingkungan UKI Toraja tercermin dalam roadmap penelitian. Tahap tema-tema UKI Toraja diorientasikan untuk menghasilkan teknologi dan produk yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEKS dan pembangunan, khususnya pembangunan di provinsi Sulawesi Selatan sehingga dapat memiliki nilai kompetitif dan komparatif.