Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

fotopgsd

VISI

Menjadi Program Studi Penghasil Guru Kelas Sekolah Dasar yang berdaya   saing   di   Kawasan   Timur   Indonesia   Tahun   2025   dan

berkarakter melayani.

MISI

a. Menyelenggarakan pendidikan dan  pengajaran,  penelitian  dan pengabdian pada masyarakat yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan.

b. Mengembangkan potensi sumber daya manusia yang menguasai ilmu  kependidikan  dan  keterampilan  ke–SD-an,  serta  mampu mendesain strategi pembelajaran yang inovatif dan mengaplikasikan di masyarakat guna peningkatan mutu penyelenggaraan dan luaran pendidikan SD.

c. Mengembangkan potensi sumber  daya  manusia  yang  memiliki kepribadian atau karakter melayani yang dilandasi dengan kasih.

TUJUAN

1. Mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri tenaga pendidik Sekolah Dasar yang profesional, bermoral, beriman, serta memiliki motivasi yang tinggi, sehingga mampu bersaing dalam menghadapi tantangan masa depan, dengan berpegang teguh pada asas kebenaran, keadilan, dan kasih.
2. Menerapkan ilmu pendidikan ke-SD-an dalam merancang dan menganalisis problematika pembelajaran melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
3.  Mengembangkan sikap  kepemimpinan  dan menumbuhkan etika profesional serta integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana pendidikan.
4.  Menghasilkan  luaran  yang  menguasai  metode  pengembangan hardskill dan softskill peserta didik SD.
5. Menghasilkan   luaran   yang   mampu   merancang   proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai kebutuhan peserta didik.
6. Menghasilkan  luaran  yang  mampu  mengaplikasikan  teori kependidikan dan keterampilan di masyarakat.
7.  Mengembangkan  budaya bekerja  sama  dengan berbagai  pihak dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing regional, nasional dan internasional.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

a.  Bidang Organisasi dan Manajemen

Terciptanya komunikasi dan iklim kondusif untuk peningkatan aktivitas serta kinerja Program Studi.
Strategi Pengembangannya:

–    Menetapkan  struktur  organisasi  sesuai  kebutuhan  dengan pembagian kerja yang jelas.
–    Melaksanakan administrasi secara teratur, sistematis, rapi, dan efisien.
–    Melakukan evaluasi secara periodik.

–    Melaksanakan manajemen yang mantap secara akuntabilitas, dan transparansi.
Berdasarkan strategi pencapaian dan pengembangan di atas, maka dijabarkan beberapa   indikator pencapaian dan target sasaran yang meliputi:
–    Rapat-pertemuan rutin dosen – pengajar dilaksanakan minimal sekali sebulan.
–    Rapat tenaga kependidikan dilaksanakan sebanyak 1 – 2 kali sebulan.
–    Rapat-pertemuan khusus seperti pembagian tugas, seminar dan evaluasi kegiatan dilaksanakan 2 kali, yaitu pada awal dan  akhir semester.
–    Mengadakan opentalk dengan mahasiswa sebanyak 2 kali tentang program kerja program studi dan program kerja himpunan mahasiswa, dan lain.
b.  Sasaran di Bidang Pengembangan SDM

–    Meningkatnya kinerja dosen maupun tenaga kependidikan.

–    Meningkatnya kualitas SDM baik dari dosen maupun tenaga kependidikan.

Strategi Pencapaian Pengembangan.

–    Mengirim dosen studi lanjut S2  dan S3

–    Mengirim tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan – workshop berkaitan dengan bidang keahlian.
–    Pada tahun 2015 dosen berkualifikasi S2 (100%), 2025 dosen berkualifikasi S3 (90%)
–    Pelatihan tenaga kependidikan dilakukan sekali setahun.

–    Menyelenggarakan kuliah umum pada setiap semester.

–    Memberikan penghargaan – reward dan sanksi kepada dosen dan tenaga kependidikan.
Dari strategi pencapaian dan pengembangan di atas, dijabarkan beberapa indikator dan target sasaran meliputi:
–    Rekruitmen dua orang dosen yang berkualifikasi S2 setiap

tahun (jumlah dosen yang ada saat ini berjumlah 30 orang).

–    Jumlah pelatihan tenaga kependidikan sebanyak  1 – 3 kali setiap tahun.
–    Kuliah  umum  yang  diselenggarakan  sebanyak  2  kali  per tahun, dengan penyaji dosen dari   PT lain (Koordinator KOPERTIS WIL IX Sulawesi dan Universitas Negeri Makassar) .
–    Opentalk dilaksanakan 2 – 4 kali setiap tahun dengan jumlah peserta rata-rata 150 orang.
c.  Sasaran di Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana Tersedianya   sarana   dan   prasarana   yang   memadai   untuk mendukung terciptanya proses belajar yang baik.
Sasaran Pencapaian dan Pengembangan:

–    Mengadakan skala prioritas untuk pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran.
–    Mengupayakan laboratorium IPA, IPS, Bahasa, Matematika serta menambah alat-alat Microteaching.

 

 

 

Smt

 

 

Kode MK

 

 

Nama Mata Kuliah

 

 

Bobot sks

SKS MK dalam

Kurikulum

 

 

Bobot

Tugas

 

Kelengkapan

 

 

Unit- Jur- Fak

Penyelenggara

 

Inti

Insti- tusional  

Deskripsi

 

Silabus

 

SAP

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11
101MPKU2 Agama 2 )
103MPKU2 Pendidikan Pancasila 2
105MPKU2 Pengantar Filsafat 2
107MPKU2 Bahasa Indonesia 2
101MKKK3 Pengantar Pendidikan 3
101MKBG3 Konsep Dasar IPA 1 3
103MKBG3 Konsep Dasar IPS 3
105MKBG2 Penjaskes 2
 

 

 

 

 

 

 

II

102MPKU2 Etika Kristen 2
104MPKU2 Bahasa Inggris 2
106MPKU2 Kewarganegaraan 2
102MKKK3 Belajar dan Pembelajaran 3
102MPKK2 Ilmu Lingkungan 2
102MKBG3 Pengantar Matematika Dasar 3
104MKBG3 Konsep Dasar IPA 2 3
106MKBG3 Pendidikan IPS 1 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III

201MKKK2 Psikologi Pendidikan 2
 

201MKBG3

Pend. Bhs. Dan Sastra Indonesia

Kelas Rendah

 

3

 

 

 

 

 

203MKBG3 Pendidikan Matematika 1 3
205MKBG3 Pendidikan IPA1 3
207MKBG3 Pendidikan IPS 2 3
209MKBG3 Strategi Pembelajaran 3
 

 

201MPBG3

 

Media Pembelajaran dan ICT (Information and Communication Technologies)

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV

202MKKK3 Profesi Kependidikan 3
 

202MKBG3

Pend. Bhs. Dan Sastra Indonesia

Kelas Tinggi

 

3

 

 

 

 

 

204MKBG3 Pendidikan Matematika 2 3
206MKBG3 Pendidikan IPA 2 3
208MKBG2 Inovasi Pendidikan Dasar 2
 

210MKBG3

Problematik Pendidikan Dasar di

Indonesia

 

3

 

 

 

 

 

212MKBG2 Manajemen Sekolah 2
202MPBG2 Pend. Seni Rupa 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V

301MKKK3 Perkembangan Peserta Didik 3
301MBBU2 Bahasa Daerah 2
301MPBG3 PPL 1 3
303MPBG2 Pend. Seni Musik 2
301MKBG3 Pembelajaran Terpadu di SD 3
303MKBG3 PKn 3
307MKBGA2 Teori dan Sejarah Bahasa Indonesia *) 2
305MKBGB3 Perkembangan Masyarakat dan Budaya *) 3
305MKBGC3 Konsep Dasar Biologi Untuk SD*) 3
307MKBGD2 Geometri dan Pengukuran *) 2
307MKBGB2 Sumberdaya dan Kesejahteraan Masyarakat *) 3
 

 

 

 

 

 

 

 

 

VI

302MKKK2 Kepemimpinan Pendidikan 2
304MKKK2 Bimbingan dan Konseling 2
302MPBG3 Evaluasi Pembelajaran 3
304MPBG3 PPL 2 3
306MPBG3 Kurikulum dan Pembelajaran 3
308MPBG2 Pend. Seni Tari Drama 2
302MKBGA2 Apresiasi Sastra Indonesia *) 3
304MKBGB2 Pespektif Sosial Budaya *) 2
309MKBGE3 English Teaching Method For Elemantary School *) 3
302MKBGB2 Tempat, Ruang dan Sistem Sosial 2
304MKBGC2 Konsep Dasar Bumi dan Antariksa *) 2