Slamat Datang di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
no | Foto | Pejabat |
1 |
|
Nama : Theresyam Kabanga’, S.Pd., M.Pd Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
NO | Foto | Dosen |
1 |
|
Nama : Drs. D.K Tangkeallo, M.Pd Jabatan Akademik : Lektor Kepala
|
2 |
|
Nama : Theresyam Kabanga’, S.Pd., M.Pd Jabatan Akademik : Lektor |
3 |
|
Nama : Susanna Vonny N. Rante, ST., M.Pd Jabatan Akademik : Lektor |
4 |
|
Nama : Zatman Payung, S.Pd., M.Pd Jabatan Akademik : Asisten Ahli |
5 |
|
Nama : Benyamin Salu, S.Pt., M.Pd Jabatan Akademik : Asisten Ahli |
6 |
|
Nama : Lutma Ranta Allolinggi, SE., M.Pd Jabatan Akademik : Asisten Ahli |
7 |
Nama : Elni Phidya Pabuaran, ST., M.Pd Jabatan Akademik : – |
|
8 | ![]() |
Nama : Mersilina L. Patintingan, SS., M.Pd Jabatan Akademik : |
9 |
Nama : Harmelia Tulak, S.Psi., M.Psi Jabatan Akademik : |
|
10 |
|
Nama : Tadius, S.Pd., M.Pd. Jabatan Akademik : |
11 |
Nama : Reni Lolotandung, S.Pd., M.Pd Jabatan Akademik : |
|
12 |
Nama : Topanus Tulak, S.Si., M.Pd Jabatan Akademik : |
|
13 |
Nama : Eky Setiawan Salo, SE., M.Pd. Jabatan Akademik : |
|
14 |
Nama : Roberto Salu Situru, S.Ip., M.Ip. Jabatan Akademik : |
Staf pegawai Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
No | Foto | Pegawai |
1 |
|
Nama : Tenny Intani Kuranden., S.Si.
Kasubag Admistrasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
2 |
|
Nama : Giovanni Nuansa Idelia Randan, SM |
VISI
Menjadi Program Studi Penghasil Guru Kelas Sekolah Dasar yang berdaya saing di Kawasan Timur Indonesia Tahun 2025 dan
berkarakter melayani.
MISI
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan.
b. Mengembangkan potensi sumber daya manusia yang menguasai ilmu kependidikan dan keterampilan ke–SD-an, serta mampu mendesain strategi pembelajaran yang inovatif dan mengaplikasikan di masyarakat guna peningkatan mutu penyelenggaraan dan luaran pendidikan SD.
c. Mengembangkan potensi sumber daya manusia yang memiliki kepribadian atau karakter melayani yang dilandasi dengan kasih.
TUJUAN
1. Mendidik dan melatih mahasiswa agar memiliki ciri-ciri tenaga pendidik Sekolah Dasar yang profesional, bermoral, beriman, serta memiliki motivasi yang tinggi, sehingga mampu bersaing dalam menghadapi tantangan masa depan, dengan berpegang teguh pada asas kebenaran, keadilan, dan kasih.
2. Menerapkan ilmu pendidikan ke-SD-an dalam merancang dan menganalisis problematika pembelajaran melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
3. Mengembangkan sikap kepemimpinan dan menumbuhkan etika profesional serta integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana pendidikan.
4. Menghasilkan luaran yang menguasai metode pengembangan hardskill dan softskill peserta didik SD.
5. Menghasilkan luaran yang mampu merancang proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai kebutuhan peserta didik.
6. Menghasilkan luaran yang mampu mengaplikasikan teori kependidikan dan keterampilan di masyarakat.
7. Mengembangkan budaya bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing regional, nasional dan internasional.
Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
a. Bidang Organisasi dan Manajemen
Terciptanya komunikasi dan iklim kondusif untuk peningkatan aktivitas serta kinerja Program Studi.
Strategi Pengembangannya:
– Menetapkan struktur organisasi sesuai kebutuhan dengan pembagian kerja yang jelas.
– Melaksanakan administrasi secara teratur, sistematis, rapi, dan efisien.
– Melakukan evaluasi secara periodik.
– Melaksanakan manajemen yang mantap secara akuntabilitas, dan transparansi.
Berdasarkan strategi pencapaian dan pengembangan di atas, maka dijabarkan beberapa indikator pencapaian dan target sasaran yang meliputi:
– Rapat-pertemuan rutin dosen – pengajar dilaksanakan minimal sekali sebulan.
– Rapat tenaga kependidikan dilaksanakan sebanyak 1 – 2 kali sebulan.
– Rapat-pertemuan khusus seperti pembagian tugas, seminar dan evaluasi kegiatan dilaksanakan 2 kali, yaitu pada awal dan akhir semester.
– Mengadakan opentalk dengan mahasiswa sebanyak 2 kali tentang program kerja program studi dan program kerja himpunan mahasiswa, dan lain.
b. Sasaran di Bidang Pengembangan SDM
– Meningkatnya kinerja dosen maupun tenaga kependidikan.
– Meningkatnya kualitas SDM baik dari dosen maupun tenaga kependidikan.
Strategi Pencapaian Pengembangan.
– Mengirim dosen studi lanjut S2 dan S3
– Mengirim tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan – workshop berkaitan dengan bidang keahlian.
– Pada tahun 2015 dosen berkualifikasi S2 (100%), 2025 dosen berkualifikasi S3 (90%)
– Pelatihan tenaga kependidikan dilakukan sekali setahun.
– Menyelenggarakan kuliah umum pada setiap semester.
– Memberikan penghargaan – reward dan sanksi kepada dosen dan tenaga kependidikan.
Dari strategi pencapaian dan pengembangan di atas, dijabarkan beberapa indikator dan target sasaran meliputi:
– Rekruitmen dua orang dosen yang berkualifikasi S2 setiap
tahun (jumlah dosen yang ada saat ini berjumlah 30 orang).
– Jumlah pelatihan tenaga kependidikan sebanyak 1 – 3 kali setiap tahun.
– Kuliah umum yang diselenggarakan sebanyak 2 kali per tahun, dengan penyaji dosen dari PT lain (Koordinator KOPERTIS WIL IX Sulawesi dan Universitas Negeri Makassar) .
– Opentalk dilaksanakan 2 – 4 kali setiap tahun dengan jumlah peserta rata-rata 150 orang.
c. Sasaran di Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terciptanya proses belajar yang baik.
Sasaran Pencapaian dan Pengembangan:
– Mengadakan skala prioritas untuk pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran.
– Mengupayakan laboratorium IPA, IPS, Bahasa, Matematika serta menambah alat-alat Microteaching.
Smt |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
Bobot sks |
SKS MK dalam
Kurikulum |
Bobot Tugas |
Kelengkapan |
Unit- Jur- Fak Penyelenggara |
|||
Inti |
Insti- tusional |
Deskripsi |
Silabus |
SAP |
||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11 |
101MPKU2 | Agama | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | ) | ||
103MPKU2 | Pendidikan Pancasila | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
105MPKU2 | Pengantar Filsafat | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
107MPKU2 | Bahasa Indonesia | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
101MKKK3 | Pengantar Pendidikan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
101MKBG3 | Konsep Dasar IPA 1 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
103MKBG3 | Konsep Dasar IPS | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
105MKBG2 | Penjaskes | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
II |
102MPKU2 | Etika Kristen | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | ||
104MPKU2 | Bahasa Inggris | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
106MPKU2 | Kewarganegaraan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
102MKKK3 | Belajar dan Pembelajaran | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
102MPKK2 | Ilmu Lingkungan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
102MKBG3 | Pengantar Matematika Dasar | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
104MKBG3 | Konsep Dasar IPA 2 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
106MKBG3 | Pendidikan IPS 1 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ |
III |
201MKKK2 | Psikologi Pendidikan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | ||
201MKBG3 |
Pend. Bhs. Dan Sastra Indonesia
Kelas Rendah |
3 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||
203MKBG3 | Pendidikan Matematika 1 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
205MKBG3 | Pendidikan IPA1 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
207MKBG3 | Pendidikan IPS 2 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
209MKBG3 | Strategi Pembelajaran | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
201MPBG3 |
Media Pembelajaran dan ICT (Information and Communication Technologies) |
3 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||
IV |
202MKKK3 | Profesi Kependidikan | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | ||
202MKBG3 |
Pend. Bhs. Dan Sastra Indonesia
Kelas Tinggi |
3 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||
204MKBG3 | Pendidikan Matematika 2 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
206MKBG3 | Pendidikan IPA 2 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
208MKBG2 | Inovasi Pendidikan Dasar | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
210MKBG3 |
Problematik Pendidikan Dasar di
Indonesia |
3 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|||
212MKBG2 | Manajemen Sekolah | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
202MPBG2 | Pend. Seni Rupa | 2 | √ | √ | √ | √ | √ |
V |
301MKKK3 | Perkembangan Peserta Didik | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | ||
301MBBU2 | Bahasa Daerah | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
301MPBG3 | PPL 1 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
303MPBG2 | Pend. Seni Musik | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
301MKBG3 | Pembelajaran Terpadu di SD | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
303MKBG3 | PKn | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
307MKBGA2 | Teori dan Sejarah Bahasa Indonesia *) | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
305MKBGB3 | Perkembangan Masyarakat dan Budaya *) | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
305MKBGC3 | Konsep Dasar Biologi Untuk SD*) | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
307MKBGD2 | Geometri dan Pengukuran *) | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
307MKBGB2 | Sumberdaya dan Kesejahteraan Masyarakat *) | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
VI |
302MKKK2 | Kepemimpinan Pendidikan | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | ||
304MKKK2 | Bimbingan dan Konseling | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
302MPBG3 | Evaluasi Pembelajaran | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
304MPBG3 | PPL 2 | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
306MPBG3 | Kurikulum dan Pembelajaran | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
308MPBG2 | Pend. Seni Tari Drama | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
302MKBGA2 | Apresiasi Sastra Indonesia *) | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
304MKBGB2 | Pespektif Sosial Budaya *) | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
309MKBGE3 | English Teaching Method For Elemantary School *) | 3 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
302MKBGB2 | Tempat, Ruang dan Sistem Sosial | 2 | √ | √ | √ | √ | √ | |||
304MKBGC2 | Konsep Dasar Bumi dan Antariksa *) | 2 | √ | √ | √ | √ |