Program Studi Teknik Sipil

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang menghasilkan lulusan mandiri,  mampu menguasai dan menerapkan  Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya (IPTEKSBUD), memiliki semangat melayani serta mampu menghadapi tantangan di masa depan.

Misi Program Studi:

  1. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya di bidang Teknik Sipil yang berwawasan lingkungan
  2. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan secara berkelanjutan dan terpadu
  3. Mengembangkan kemitraan dengan institusi dan instansi baik negeri maupun swasta

 

Tujuan Program Studi :

  1. Terbentuknya sumber daya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian tinggi, berjiwa penuh pengabdian dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap masa depan Bangsa dan Negara.
  2. Terbentuknya sumberdaya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan teknologi, seni dan budaya di bidang Teknik Sipil, terampil dalam penerapannya serta mampu berpikir inovatif-kreatif.
  3. Ikut mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil yang mendukung peningkatan kesejahteraan umat manusia.

 

Sasaran Program Studi:

Sasaran yang diharapkan dicapai dalam kurun waktu hingga 5  tahun kedepan adalah :

  1. Lulusan dengan tingkat pendidikan dan pengetahuan yang bermutu, memperoleh IPK yang tinggi dan memiliki soft skill yang memadai untuk mendukung karya dan pengabdiannya.
  2. Lulusan yang mampu beradaptasi dengan teknologi informasi khususnya yang berhubungan dengan Teknik Sipil.
  3. Terlaksananya pembelajaran Students Center Leaning (SCL) (dengan menggunakan pendekatan Active Learning) sebagai metode pembelajaran.
  4. Meningkatnya kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan (Stake Holders).
  5. Meningkatnya hasil penelitian dan publikasinya, serta pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu.

Strategi Pencapaian Program Studi

Strategi pencapaian misi dilakukan dengan :

  1. Meningkatkan kapasitas dan kemampuan staf pengajar di bidang pendidikan melalui studi lanjut pada jenjang yang lebih tinggi, serta pelatihan fungsional dosen.
  2. Mendorong aktifitas penelitian bagi staf pengajar dalam rangka pengembangan keilmuan maupun pengembangan institusi baik yang sesuai dengan keahlian program studi maupun yang tidak sesuai keahlian program studi.
  3. Menyempurnakan/memperbaiki metode pembelajaran serta perangkat pendukung pembelajaran.
  4. Mengembangkan/merevisi kurikulum secara periodik mengikuti kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.
  5. Meningkatkan kualitas dan pelayanan Laboratorium.
  6. Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif.
  7. Menjalin kerjasama/ kemitraan dengan berbagai pihak baik negeri maupun swasta.